• .:: Sahabat Da’wah ::.

  • BELIA
  • TRACS
  • Kang Candra
  • Teh Lista
  • Kang Sagy
  • Kang Rachmat
  • Kang Ishaq
  • Kang Fitriana
  • Forum X-SIST
  • Teh Amanda
  • SOLUSI DAHSYAT SAAT KRISIS & PHK Rp.700.000 Ribu
perhari dengan PERANGKATBISNIS..Klik Disini!!!
  • Apakah Ikan Bisa Tidur ??

    ikan

    Sahabat, pernah membayangkan ikan tidur ga? Terkadang geli ya membayangkannya? Karna jika memang ya, lantas bagaimana mereka bisa tidur, mengingat selama hidupnya mereka harus berada di air?Gimana ? Penasan kan ?? Bismillah..yuk kita coba tafakuri..

    Pada dasarnya Allah menciptakan semua makhluk itu mempunyai waktu beistirahat. Demikian juga ikan. Jika tidak, ikan bisa lemas dan bahkan mati. Meski demikan, terdapat perbedaan antara tidur ikan dan manusia. (ya iya lah ya, masa iya ikan mau pake bantal guling kayak kita, apalagi sampe pasang obat nyamuk segala!hehe).

    Ternyata saat tidur ikan tidak menutup matanya, karna memang tidak punya kelopak mata. Persamaannya dengan manusia hanyalah tentang kebutuhan, bahwa ikan dan manusia sama-sama membutuhkan tempat tidur yang aman dan nyaman. Biasanya ikan tidur di sarangnya, tapi terkadang dimana saja, asalkan cocok.

    Nah sahabat, di rumah pada punya ikan ga? Eitz,iikan hidup loh, bukan yang udah dimasak..kalo sahabat punya, coba deh perhatikan pada malam hari, ikan-ikan akan diam tidak bergerak di dasar aquarium(biasanya ikan mas atau minnow) nah, mereka itu sedang tidur. Tapi ada juga ikan yang tidur di siang hari dan aktif di malam hari(mungkin dia kebagian sift malam jaga aquarium. Hihi,,piss).Subhanallah itulah kata yang pantas diucapkan, karna ikan itu unik-unik loh tidurnya. Ada ikan baronang yang kalo tidur di malam hari badannya miring-miring di celah bebatuan. Ikan karper Eropa tidur di dalam “taman karang” idamannya, sedangkan ikan sidat gusi tidur di siang hari dalam pasir dan hanya menonjolkan  kepalanya ke luar permukaan pasir.Pada malam hari, ikan sidat gusi baru mencari makan. Subhanallah bukan, ke-Maha Besaran Pencipta kita semua ini?

    Fish_Cartoon08
    Hasil riset terbaru yang dilakukan oleh Emmanuel Mignot, professor dari Satnford University, AS, memperlihatkan bahwa ikan zebra membutuhkan waktu tidur, walau hanya sebentar. Yang lebih menarik lagi, ternyata ikan juga bisa kena insomnia pada malam hari(gangguan sulit tidur), ini akibat kehidupan biologinya dikacaukan. Biasanya kalo manusia insomnia harus minum obat perangsang rasa ngantuk(kalo yang alami  dimakan biasanya sayur kangkung dan ikan mas, nah kalo ikan?masa ikan makan ikan?)

    Dari penelitian ini juga ditemukan bahwa ketika ikan tidur, ekor mereka lunglai dan mereka menghabiskan waktunya di dasar aquarium. Cckkk..subhanallah ya?

    Sayangnya, sampai saat ini belum diketahui jadwal ikan tidur, mulai dari tidur dan bangun kembali pada pukul berapa.

    Nah sahabat, satu lagi kita temukan Kekuasaan Allah, yang semoga bisa menambah keyakinan kita pada Allah, bahwa semua telah diciptakannya dengan seimbang dan adil. Ikan saja ketika tidur dijaga oleh Allah, sehingga walau tertidur, tapi organ-organ dalam tubuhnya tetap bekerja, So di pagi hari bisa terbangun dan memberi kabar ilmu pada manusia yang menelitinya. Apalagi manusia yang organnya banyak..tanpa kita suruh, jantung, otak, darah dan semuanya tetap bekerja. Subhanallah ya. Semoga kita semakin berterimakasih dan lebih dekat lagi pada Allah. Amiin.

    ~meT tidur Ikan..~

    Advertisements

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: